Search Anymore Anything


MODEL OBYEK ADO .NET

MODEL OBYEK ADO .NET M odel Obyek ADO .NET dalam pengaksesan data memiliki dua komponen utama, yaitu Data Provider dan  Data Set . DATA PROV...
MODEL OBYEK ADO .NET

M
odel Obyek ADO .NET dalam pengaksesan data memiliki dua komponen utama, yaitu Data Provider dan Data Set.

DATA PROVIDER :
Data Provider, merupakan komponen yang bertanggung jawab dalam menyediakan dan memelihara koneksi pada database. Sebuah Data Provider adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk menyediakan data yang seefisien mungkin. Data Provider terdapat empat kelas dasar untuk koneksi ke database, yaitu :
  1. Connection, digunakan untuk melakukan koneksi ke datebase.
  2. Command , digunakan untuk menjalankan perintah perintah query.
  3. Data Reader, perintahan Structure Query Languange (SQL), digunakan untuk membaca data dengan sifat fononrdonly dan read-only
  4. Data Adapter, digunakan sebagai penghubung antara datebase dengan dataset.
DATA SET :
Data Set adalah sebuah obyek yang terpisah dari database, kita dapat menggambarkan dataset sebagai sebuah recordset yang terpisah dan seperti pada sebuah database juga terdapat tabel, baris, kolom, relasi, konstrain dan view.

Data yang di dalam data set disimpan di memori lokal. Jika kita membuat dataset dari suatu database melalui objek DataAdapter, maka perubahan yang kita lakukan pada dattaset tidak akan langsung mengubah data yang ada di dalam database, kecuali kita melakukan perintah update untuk melakukan penyimpanan perubahan dataabase tersebut ke dalam database. Semua tipe data, baik yang flat, hirarki atau relasional dapat disimpan dalam dataset. Karena sesuai dengan obyek dasar dari database yaitu XML, maka semua  model penyimpanan data dapat bekerja dengan database.

Dari uraian obyek-obyek ADO.NET di atas, secara ringkas dapat di jelaskkan bahwa untuk mengakses data menggunakan ADO .NET, maka kita harus melakukan koneksi dengan menggunakan obyek conncention. Obyek command digunakan untuk secara langsung mengeksekusi perintah SQL pada database. Jika obyek command menghasilkan lebih dari sebuah nilai, maka obyek command menghasilkan sebuah DataReader yang lain, DataAdapter dapat digunakan untuk membangun obyek database. Jadi, data yang ada didalam database dapat diubah dengan menggunakan obyek command atau DataAdpter.

Baca Juga : MENGENAL COMMOND LANGUAGE RUNTIME

No comments