Search Anymore Anything


ADO .NET DENGAN XML DAN WEB SERVICES

1 . ADO .NET DAN XML         Extensible Markup Language  (XML) adalah markup language yang mirip dengan struktur HTML (markup language yang ...
1 . ADO .NET DAN XML

        Extensible Markup Language 
(XML) adalah markup language yang mirip dengan struktur HTML (markup language yang ddigunakan untuk mendesain dan mengembangkan halaman web). Seperti HTML, XML menggunakan sekumpulan tag pembuka dan penutup yang mempunyai atribut yang dapat diatur. Namun tidak seperti HTML yang memiliki jumlah tag terbatas, XML dapat diperluas untuk mendukung beberapa pun jumlah tag. Kemampuan memperluas inilah yang membuat XML merupakan mekanisme yang bagus untuk mentransfer data di antara sistem yang berbeda.

ADO .NET menggunakan XML sebagai format standar dalam melakukan trransmisi data. Di mana obyek dataset digunakan untuk membaca dan menulis data XML dengan mudah karena dataset dapat menggunakan database relasional dan data XML.

2 . ADO .NET DAN WEB SERVICE

       
Web Service adalah teknologi .NET yang digunakan untuk membangun komponen yang dapat diprogram. Apakah perbedaanya? Banyak aplikasi menggunakan teknologi komponen terdistribusi, seperti Distribute Component Object Model (DCOM) dan Remote Procedure Calls (RPC). Masalah yang umum pada teknologi-teknologi tersebut adalah ketergantungan pada   platform Web service menggunakan teknologi internet standar seperti HTTP dan XML. Apakah yang didapat pengembangan dari teknologi ini? banyak.

Platform independen membuka kesempatan bagi berbagai macam sistem untuk mengakses aplikasi ini.
Pengguna Web service tidak perlu mengetahui bahasa yang dipakai pada aplikasi atau layanan yang dikembangkan. Pengguna hanya perlu mengetahui fitur-fitur yang disediakan dan bagaimana menggunakannya dalam aplikasi mereka sendiri. Secara lebih detailnya, untuk menggunakan web service, maka pengguna web service harus mengetahui dimana letak dari web service tersebut, fungsi yang disediakan web services, argumen yang di perlukan web services untuk memanfaatkan fungsi, dan cara standar berkomunikasi dengan web services. Penggunaan web services pada teknologi ADO .NET dapat kita lihat, misalnya dalam menghasilkan dataset melalui sebuah web services yang kita jalankan pada komputer server.                               

No comments